Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orangtua dan disiplin belajar dengan penerapan belajar online Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara antara peran orangtua dan disiplin belajar dengan penerapan belajar online Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan, Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 Stambuk 2018. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 53 orang dengan menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kusioner. Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliable. Kemudian data yang terkumpul dari hasil angket/kusioner kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Dari hasil analisis diperoleh bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel bebas (Peran Orangtua) berpengaruh positif dan signifikan sedangkan (Disiplin Belajar) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belajar Online pada Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Hal ini ditandai dengan thitung>ttabel dimana hasil uji t pada variabel Peran Orangtua (X1) sebesar (4,135 > 2,009) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan pada variabel Disiplin Orangtua (X2) sebesar (4,533 > 2,009) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dan hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (33,869 > 3,18) dan signifikan (0,000 < 0,05), artinya Peran Orangtua dan Disiplin Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifian terhadap Belajar Online Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.