PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran e-learning dan berpikir kritis mahasiswa pendidikan bisnis yang tergolong kurang tetapi prestasi akademik sudah termasuk dalam kategori yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran E-learning dan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Kelas Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 yang berjumlah 53 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 53 orang mahasiswa. Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 30,876 + 0,501X1 + 0,388X2. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran e-learning terhadap prestasi akademik, dengan nilai thitung 4,758 dan nilai signifikansi 0,000. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan berpikir kritis terhadap prestasi akademik, dengan nilai thitung 3,188 dan nilai signifikansi 0,002. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran e-learning dan berpikir kritis terhadap prestasi akademik dengan nilai Fhitung 18,069 dan nilai signifikansi 0,000.