Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemanfaatan media belajar berbasis E-learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Technopreneurship mahasiswa Pendidikan Bisnisstambuk 2017 unimed. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media belajar berbasis E-learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Technopreneurship mahasiswa Pendidikan Bisnisstambuk 2017 unimed. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Bisnisstambuk 2017 Unimed dengan jumlah 89 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan sampel 89 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 30 butir, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,782 untuk variabel pemanfaatan media belajar berbasis E-learning dan 0,759 untuk variabel motivasi belajar. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk hasil belajar Technopreneurship. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, analisis regresi linear berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji T, uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini yaitu, Y = 51,610 + 0,148 X1 +0.254 X2. Selain itu determinasi nilai R Square sebesar 0,328 atau 32,8%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan media belajar berbasis E-learning terhadap hasil Technopreneurship. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Technopreneurship. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan media belajar berbasis E-learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Technopreneurship.