PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan mahasiswa dalam pemanfaatan e-learning, minat belajar siswa yang masih rendah serta perilaku belajar mahasiswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan e-learning dan minat belajar terhadap perilaku belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Yang Berlokasi Di Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dari penelitian ini adalah 629 mahasiswa dengan sampel penelitian sebanyak 86 mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu valid dan reliabel. Kemudian data terkumpul dan hasil angket tersebut dianalisis menggunakan regresi berganda. Dari hasil analisis uji parsial antara Pemanfaatan e-learning (X1) terhadap perilaku belajar (Y) dari nilai > (4,274 > 1,663) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf 0,05 (0,000 < 0,05) dan untuk nilai signifikansi antara minat belajar (X2) terhadap perilaku belajar (Y) dari nilai > (8,575 > 1,663) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf 0,05 (0,000 < 0,05). Secara simultan (Uji F) ditunjukkan nilai bahwa > (121,105 > 3,11) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemanfaatan e-learning dan minat belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan.