Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul fisika berbasis saintifik pada materi gerak lurus, untuk mengetahui tingkat kevalidan modul fisika berbasis saintifik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D tetapi tidak melakukan tahap penyebaran (disseminate). Cara yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan modul tersebut dengan melibatkan 2 orang dosen FMIPA sebagai validator ahli media dan validator ahli materi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul dalam penelitian ini melibatkan respon siswa kelas X MIA 1 sebanyak 20 orang. Instrument yang digunakan ialah angket validasi ahli, angket respon guru pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian pengembangan modul fisika berbasis saintifik ini menyatakan bahwa modul fisika layak digunakan peserta didik sebagai salah satu bahan ajar pada saat proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data angket validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 96% dengan kriteria sangat layak, validasi oleh ahli media mendapatkan persentase 71% dengan kriteria layak, validasi oleh guru pembelajaran mendapatkan persentase 89,4% dengan kriteria sangat layak, dan respon siswa memperoleh persentase 93,7% dengan kriteria sangat tertarik (layak). Jadi dari hasil data yang didapatkan, modul ini memenuhi ketiga kriteria yaitu valid menurut para ahli validasi, oleh guru pembelajaran, dan sangat tertarik menurut siswa.