PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.A. 2020/2021
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Jurusan IPS SMA Negeri 1 Sunggal T.A. 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sunggal Jl. Sei Mencirim, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dengan jumlah populasi 171 siswa yang terdiri dari kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4, dan XI IPS 5. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dengan jumlah sampel 120 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 74 butir pernyataan. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan variabel perilaku belajar berpengaruh posistif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar siswa dengan didapatkan nilai thitung > ttabel (6,337 > 1,980) dan nilai signifikan α=0,000<0,05. Sama halnya dengan Motivasi Belajar (X2) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas IX Jurusan IPS SMA Negeri 1 Sunggal T.A 2020/2021 yang berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel (5,185 > 1,980) dan nilai signifikan α = 0,000 < 0,05. Secara simultan variabel perilaku belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung> Ftabel (314,745 > 3,07) dan nilai signifikan pada taraf