PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK NEGERI 1 STABAT T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Masalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya prestasi belajar produk kreatif dan kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran E-Learning dan Kreativitas Belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri1 Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan BDP dan OTKP yang berjumlah 68 orang siswa. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 68 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket Pembelajaran E-Learning dan kreativitas belajar dalam bentuk skala likert serta DKN mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan siswa kelas XI. Dari hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis disimpulkan bahwa pembelajaran E-Learning dan Kreativitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = (-1,070) + 0,447X1 + (-0,305X2) + e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara pembelajaran elearning terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel dimana 2,144 > 1,997 dengan nilai signifikan 0,036< 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar dimana nilai thitung> ttabel dimana 6,847 > 1,997 dengan nilai signifikan 0,000< 0,05. Secara simultan (uji F) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel dimana 118,065> 3,14 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran E-Learning dan kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat.