Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul HYPERCONTENT berbasis High Order Thinking skills (HOTS) pada materi Hukum Gravitasi Newton, (2) mengetahui pendapat para ahli tentang kelayakan modul HYPERCONTENT (3) mengetahui respon pendidik dan siswa terhadap modul HYPERCONTENT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan Model 4D. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon pendidik dan siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; (1) Telah dikembangkan modul Hypercontent berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) pada Hukum Gravitasi Newton di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. (2) Modul HYPERCONTENT memperoleh Persentase Rata-rata melalui validasi ahli materi dan ahli media sebesar 92% dengan kategori sangat Layak (Valid). (3) Pada Respon siswa pada uji coba kelompok kecil yang melibatkan 6 responden dan kelompok besar dengan 30 responden, modul Hypercontent memperoleh persentase rata-rata 89%, dikategorikan sangat praktis.