Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI Bisnis Daring Pemasaran SMK Negeri 7 Medan TA 2020/2021”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning dan self-regulated learning terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Bisnis Daring Pemasaran SMK Negeri 7 Medan TA 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Medan dengan populasi sebanyak 68 orang siswa dan sampel berjumlah 68 orang siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket pembelajaran e-learning, self-regulated learning dan prestasi belajar dalam bentuk skala likert masing-masing 25 item soal. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa pembelajaran e-learning dan self-regulated learning berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 13,106 + 0,341 (X1) + 0, 355 (X2) + e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 2,664 > 1,997 dengan nilai signifikan 0,010 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara self-regulated learning terhadap prestasi belajar siswa dimana nilai thitung > ttabel 2,787 > 1,997 dengan nilai signifikan 0,007 < 0,05. Secara simultan (uji F) ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel dimana 39,671 > 3,14 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat dilakukan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran e-learning dan self-regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Bisnis Daring Pemasaran SMK Negeri 7 Medan TA 2020/2021.