PENGARUH EFIKASI DIRI, DISIPLIN BELAJAR, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR XI IPS SMA NEGERI 13 MEDAN MATA PELAJARAN EKONOMI T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini bahwa beberapa siswa memiliki nilai di bawah KKM atau dikategorikan nilai tidak tuntas untuk mata pelajaran ekonomi, materipelajaran dan pengajar yang sama belum dapat menjamin nilai siswa tuntas atau memenuhi KKM, dan efikasi diri, disiplin belajar, dan fasilitas belajar yang belum optimal. Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar; (2)untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar; (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar; (4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri, disiplin belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efikasi Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitungsebesar 2.016> nilai t-tabel sebesar 1.986 atau nilai signifikansi sebesar 0.047<alpha (0.05).Disiplin Belajar berpengaruh negatif terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitungsebesar -1.599 < nilai t-tabel sebesar 1.986 atau nilai signifikansi sebesar 0.113 >alpha (0.05).Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitungsebesar 2.471> nilai t-tabel sebesar 1.986 atau nilai signifikansi sebesar 0.015<alpha (0.05).Efikasi Diri, Disiplin Belajar, dan Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai F-hitungsebesar 4.095> nilai F-tabel sebesar 2.700 atau nilai signifikansi sebesar 0.009<alpha (0.05). Efikasi Diri, Disiplin Belajar, dan Fasilitas Belajar mempengaruhi Prestasi Belajar sebesar 34.3%.