Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes berbasis High Order Thiking Skill (HOTS) yang dapat mengukur keterampilan berfikir kritis siswa pada materi hukum newton yang layak digunakan sebagai evaluasi hasil pembelajaran pada siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Lau Baleng dengan jumlah sebanyak 32 orang. Jenis penelitian ini menggunakan model Penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan desain penelitian ADDIE. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji validasi ahli memiliki nilai CVR (Content Validity Rasio) nilai tertinggi yaitu 4 (sangat valid) dan nilai terendah yaitu 1 (tidak valid).Hasil validitas pada butir memiliki nilai r_(hitung ) tertinggi yaitu 0,713 (Valid) dan r_(hitung )memiliki nilai terendah yaitu 0,188 (tidak valid), hasil uji reliabilitas memiliki nilai 0,712 (Reliabilitas tinggi), hasil pada tingkat kesukaran memiliki nilai 0,62 (tingkat kesukaran sedang) dan nilai terendah 0,37 (tingkat kesukaran sedang), hasil daya beda soal memiliki daya beda tertinggi 0,42 (Baik) dan nilai terendah adalah 0,17 (Jelek). Berdasarkan keterangan tersebut , maka kesimpulan dari pengembangan instrumen tes berbasis High Order Thiking Skill (HOTS) dikelas XI pada materi Hukum Newton yang dikembangkan peneliti mendapatkan hasil yang layak digunakan adalah 9 soal.