Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan instrumen tes berbasis berpikir kritis (Critical Thinking) sebagai instrumen untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran di SMA, untuk mengetahui tingkat keefektifan yang digunakan untuk instrumen berbasis berpikir kritis, dan mengetahui karakteristik instrumen asesmen soal berbasis berpikir kritis yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Medan. Hasil validitas butir memiliki nilai r_hitung tertinggi yaitu 0,719 (valid) dan r_hitung terendah yaitu 0,345 (cukup valid), hasil uji relabilitas memiliki nilai 0,696 (reliabilitas sedang), Hasil uji tingkat kesukaran memiliki nilai tertinggi yaitu 0,817 (Mudah) dan nilai terendah yaitu 0,242 (Sukar). Hasil uji daya beda memiliki nilai tertinggi yaitu 0,561 (Cukup) dan nilai terendah yaitu 0,199 (Rendah). Hasil uji regresi memiliki nilai r_hitung tertinggi yaitu 0,804 (Sangat Kuat) dan r_hitung terendah yaitu 0 (Lemah). Dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Instrumen tes berpikir kritis. Berdasarkan keterangan tersebut, maka kesimpulan dari instrumen tes berbasis berpikir kritis (Critical Thinking) di kelas XI pada materi Gerak Melingkar Beraturan yang dikembangkan peneliti mendapatkan hasil yang layak digunakan.