PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang beralamat di Jalan Pertiwi Banten, Medan Tembung No.93 Kota Medan Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 72 orang yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan Uji F, dan uji hipotesis dengan uji Anava Satu Jalur dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan nilai Signifikansi < α pada α = 0,05. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen post-tes X ̅ = 80,139 ; SD = 10,921 Sedangkan kelas kontrol post-test adalah X ̅ = 70,972 ; SD = 13,878. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan anava satu jalur dengan α = 0,05. Dari data pengujian hipotesis nilai Signifikansi sebesar 0,003 sedangkan α = 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Signifikansi < α yaitu 0,003 > 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.