PENGEMBANGAN E-MODULE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP BUILDER BERBASIS PROBLEM SOLVING MATA KULIAH PERPAJAKAN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-module dengan Menggunakan Aplikasi Flip Builder Berbasis Problem Solving Pada Mata Kuliah Perpajakan materi PPH Pasal 23, Pasal 24, Pasal 25, Pasal 26, dan Pasal 28(a)/29. Untuk membantu mahasiswa dalam Proses pembelajaran dimasa Pandemik Covid-19 ini. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Tahap Pengembangan memeliki 2 tahapan yaitu 1). Uji validasi yang dimana terdapat dua validator yaitu ahli materi dan ahli media. 2). Uji kepraktisan dimana terdapat beberapa tahapan yaitu uji dari dosen mata kuliah perpajakan (satu orang), uji perorangan (3 orang) dan uji kelompok kecil (6 orang). 3). Tahap selanjutnya dimana menguji kemenarikan dari E-module yaitu uji perorangan (3 orang) dan uji kelompok kecil (6 orang). uji coba kelompok terbatas dengan penyebaran angket secara online.Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media yaiu diperoleh kriteria dapat digunakan dengan revisi sebagian dengan hasil 85% dan dapat digunakan dengan revisi sebagian dengan hasil 84%. Perolehan hasil dari uji kepraktisan dimana dosen mata kuliah sebesar 91.7% yaitu dapat digunakan tanpa revisi dan uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil sebesar 93% dimana E-module sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.