Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan Tahun Ajaran 2020/2021 Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan yang berjumlah 107 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu sebanyak 85 siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signiikan antara variabel fasilitas belajar (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 4,406 > 1,663 dengan dinilai signifikansi 0,000 < 0,05, kedua terdapat pengaruh antara disiplin belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 3,906 > 1,663 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel fasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pangururan. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,804 yang menjelaskan bahwa pengaruhfasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 80,4% dan sisanya sebesar 19,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.