Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan e-modul berbasis TPACK pada materi gerak lurus di SMA Negeri 15 Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D (Research and Development) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan produk pada tahap pengembangan melibatkan dua validator yaitu ahli materi dan ahli media. Uji produk terdiri dari uji skala kecil dan uji skala besar. Uji coba skala kecil melibatkan 10 orang siswa, uji coba skala besar melibatkan 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi, mendapat persentase rata-rata yaitu 92% dengan kategori sangat layak dan hasil penilaian ahli media mendapat persentase rata-rata yaitu 96% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian respon guru fisika dengan persentase rata-rata yaitu 96%. Hasil uji kelayakan e-modul oleh respon siswa dari angket yang diberikan uji skala kecil mendapatkan rata-rata 94% dan uji skala besar mendapatkan rata-rata 92%, hasil uji keefektifan e-modul yang diberikan kepada kelompok kecil mendapatkan n-gain sebesar 81% dan kelompok besar mendapatkan n-gain sebesar 79%. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan menarik, sangat layak, dan efektif sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.