Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi pokok Hukum Newton di kelas VIII SMP Negeri 2 Badar T.P. 2020/2021 yang layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi; ahli pembelajaran; penilaian guru; tanggapan peserta didik. LKPD ini dikembangkan dengan model 4D Thiagarajan (Define, Design, Development, and Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi Hukum Newton dikembangkan layak di SMPN 2 Badar. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata yang diperoleh dari validator yaitu ahli materi sebesar 96% dengan kategori sangat layak, validator ahli pembelajaran sebesar 96% dengan kategori sangat layak dan guru bidang studi sebesar 82% dengan kategori sangat layak.Terdapat peningkatan hasil uji coba perorangan didapat sebesar 82% dikategorikan bahwa LKPD yang digunakan layak, hasil uji coba kelompok kecil didapat sebesar 81% dikategorikan layak, hasil uji coba kelompok besar didapat sebesar 84% layak, dan N-gain hasil belajar peserta didik didapat sebesar 0,5 dengan kriteria sedang.