Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ekonomi serta banyaknya siswa yang masih belum aktif dalam pembelajaran E-learning di SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh antara model problem based learning Dengan menggunakan e-learning berbasis aplikasi Zoom dengan model Direct Instruction terhadap aktivitas belajar Ekonomi Siswa X AK di SMK Negeri 1 Pematangsiantar T.P 2020/2021.; (2) Untuk melihat pengaruh antara model problem based learning dengan menggunakan e-learning berbasis aplikasi Zoom dengan model Direct Instruction terhadap Hasil belajar Ekonomi Siswa X AK di SMK Negeri 1 Pematangsiantar T.P 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Pematangsiantar yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji hipotesis aktivitas belajar siswa dengan perhitungan dengan uji statistik nonparametris menggunakan uji U Mann Whitney, yang dihitung menggunakan program SPSS versi 25, menunjukkan bahwa nilai Asymp. sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, dengan demikian Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning terhadap aktivitas belajar siswa. (2) Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan independent sample t test melalui program SPSS versi 25 menunjukkan nilai t pada t-test for Equality of Means sebesar 5,021, sedangkan nilai t tabel yaitu 1,997. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis, maka Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung > t tabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap hasil belajar siswa.