Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini bahwa beberapa siswa memiliki nilai di bawah KKM atau dikategorikan nilai tidak tuntas untuk mata pelajaran ekonomi,materi pelajaran dan pengajar yang sama belum dapat menjamin nilai siswa tuntas atau memenuhi KKM, penerapan kurikulum 2013,dan fasilitas belajar yang belum optimal. Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar; (2)untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar; (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan kurikulum 2013 dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakanan alisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitung sebesar 2,507 > nilai t-tabel sebesar 1,667 atau nilai signifikansi sebesar 0,013<alpha (0,05).Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai t-hitung sebesar 5,298 > nilai t tabel sebesar 1,667 atau nilai signifikansi sebesar 0,00 < alpha (0,05). Penerapan Kurikulum 2013 dan Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dengan nilai F-hitung sebesar 31,148 > nilai F-tabel sebesar 3,09 atau nilai signifikansi sebesar 0,00 < alpha (0,05). Penerapan Kurikulum 2013 dan Fasilitas Belajar mempengaruhi Prestasi Belajar sebesar 54%.