PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 TARUTUNG TAHUN AJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tarutung Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tarutung yang berjumlah 136 siswa. Sampel diambil dengan Teknik random sampling sebanyak 101 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Teknik cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kemandirian belajar (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tarutung yaitu berdasarkan hasil uji t (thitung > ttabel) 7,357 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tarutung yaitu berdasarkan hasil uji t (thitung > ttabel) 6,775 > 1,660 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kemandirian belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tarutung. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,841 yang menjelaskan bahwa pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 84,1% dan sisanya sebesar 15,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.