Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD biologi kelas X SMA berbasis Problem Based Learning pada materi perubahan lingkungan yang layak digunakan dalam proses pembelajaran menurut ahli materi, guru dan siswa serta menurut ahli pembelajaran. Kemudian untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKPD tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan metode R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifannya. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara, di mana angket sudah divalidkan oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan LKPD pada materi perubahan lingkungan berbasis problem based learning menurut ahli materi adalah sebesar 94,2% atau tergolong sangat layak, untuk ahli pembelajaran sebesar 81% dengan kategori layak, dan menurut ahli desain 86,3% dengan kategori sangat layak, dan menurut respon siswa mendapatkan presentasi 100% yaitu positif.