ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi animalia dari aspek kognitif, aspek indikator pembelajaran serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Pembelajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan yaitu dekskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian diambil secara Random Sampling yang berjumlah 72 siswa. Data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif untuk C1 sebesar 28,47% (rendah), C2 sebesar 51,85% (sedang), C3 sebesar 58,33% (sedang), C4 sebesar 61,11% (tinggi), C5 sebesar 63,54% (tinggi), dan C6 sebesar 81,25% (sangat tinggi). Selanjutnya persentase kesulitan belajar siswa pada aspek indikator pembelajaran 1 sebesar 43,98%, indikator pembelajaran 2 sebesar 64,02%, indikator pembelajaran 3 sebesar 61,11%, indikator pembelajaran 4 sebesar 59,37%, indikator pembelajaran 5 sebesar 56,94%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi: Jasmaniah (sedang), inteligensi (Tinggi), minat (tinggi), motivasi (tinggi). Sedangkan aspek eksternal meliputi: metode mengajar guru (tinggi), orang tua (tinggi), materi pelajaran (tinggi), serta lingkungan sekolah (sedang).