Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sipahutar T.A. 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sipahutar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sipahutar, dengan populasi sebanyak 143 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial uji-t (thitung > ttabel), pengaruh kecerdasan spiritual =4,818 > 2,364, kecerdasan emosional = 5,463 > 2,364, dan kecerdasan intelektual = 4,548 > 2,364; serta secara simultan Fhitung > Ftabel (41,008 > 2,69) dengan taraf signifikasni 0,000 < 0,005. Besarnya kontribusi variabel independent terhadap dependen ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 55,2% sedangkan 44,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Model persamaan regresinya adalah Y = 39,311 + 0,293 X1 + 0,315 X2 + 0,260 X3. Kesimpulannya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Intelektual terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2020/2021.