PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah melalui google classroom terhadap motivasi belajar matematika; (2) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah melalui google classroom terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yang yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data motivasi berupa angket motivasi belajar matematika sedangkan data komunikasi matematis dikumpulkan menggunakan test uraian. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran berbasis masalah melalui google classroom berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika dengan nilai rata-rata motivasi belajar matematika siswa di kelas kontrol sebesar 79,6 sedangkan kelas eksperimen sebesar 85,2; (2) model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis di kelas kontrol sebesar 70 sedangkan kelas eksperimen sebesar 81,25.