PENGARUH PENERAPAN MEDIA ANIMASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan media animasi terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Medan, sampel teknik penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini siswa kelas VIII sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 siswa yang diatur dengan menggunakan media animasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang diajari dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari soal tes (kemampuan koneksi). Berdasarkan hasil pengolahan data,pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan media animasi setelah diberikan tes kemampuan koneksi diperoleh nilai rata-rata 70,17 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 56,87 maka lebih tinggi nilai rata-rata menggunakan media animasi model Problem Based Learning (PBL). Dari hasil uji hipotesis dengan uji t dengan dk=60 dan ∝ = 0,05 maka diperoleh