Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menemukan LKS yang berkualitas berbasis pendekatan realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pengembangan LKS berbasis pendekatan realistik. Subjek penelitian ini adalah siswa MIS. T.I Al-Musthafawiyah Medan Kelas IV yang berjumlah 22 orang tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan dari penelitian ini yaitu hasil validasi dari validator dengan rata-rata validitas RPP adalah 4,52. kategori sangat valid dan rata-rata validasi LKS adalah 4,31. kategori sangat valid.nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan hasil belajar matematika sebesar 27,19 dimana pada pada uji coba pertama rerata nilai siswa yaitu 63,02 dan pada uji coba kedua , rerata hasil belajar matematika mengalami peningkatan yaitu 83,23. Kemudian, untuk tingkat keefektifan LKS yang dikembangkan diperoleh bahwa : dari segi ketuntasan belajar pada uji coba I, siswa yang tuntas sebanyak 18 orang (81,81%)) dan pada uji coba II, siswa yang tuntas sebanyak 23 orang (92%). Dari segi TPK, pada uji coba I hanya 2 tujuan pembelajaran yang terpenuhi, sedangkan pada uji coba II , semua indikator tujuan pembelajaran sudah terpenuhi. Dari segi angket respon siswa, pada uji coba I dan II dinyatakan positif. Dan waktu pembelajaran yang berlangsung pada uji coba I dan II dinyatakan efektif karena tidak melebihi batas waktu pembelajaran yang berlangsung disekolah. Maka dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis pendekatan realistik dinyatakan valid, praktis dan efektif.