ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI MARBACH PADA MATERI SISTEM RESPIRASI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALA T.P. 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas pertanyaan siswa, mengidentifikasi kategorisasi pertanyaan siswa dan mengetahui kualitas pertanyaan siswa berdasarkan Taksonomi Marbach pada materi sistem respirasi di SMA Negeri 1 Kuala Tahun Pembelajaran 2020/2021. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan tehnik random sample berjumlah 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 dengan jumlah siswa seluruhnya 71 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuantitas pertanyaan siswa secara lisan sebesar 28,8% dan tertulis 71,2%. Kategori pertanyaan siswa diukur dengan Taksonomi Marbach didapatkan hasil bahwa pertanyaan yang paling sering muncul adalah kategori 4 (pertanyaan fungsional) yaitu sebesar 28,77%. Kualitas pertanyaan siswa diukur berdasarkan Taksonomi Marbach lebih dominan adalah pertanyaan tipe III (pertanyaan deskripsi) yaitu sebesar 60,3%.