PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar akuntansi pada siswa dikelas XI Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X1 Jurusan Akuntansi SMK Swasta Budi Agung Medan. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMK Swasta Budi Agung Medan yang beralamat di Jln.Plantina Raya No. 7, Rengas Pulau, Kec Medan Marelan, Kota Medan, Sumatra Utara Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 83 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumentasi dan penyebaran angket/kuesioner. Angket penelitian terdiri dari 28 pernyataan dengan skala likert 4 point, 10 pernyataan untuk variabel Gaya Belajar dan 6 pernyataan untuk variabel Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual, dan 12 pernyataan untuk variabel Prestasi Belajar. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y=2.694+0,653X1+0,741X2+e. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien gaya belajar (b1) adalah bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila gaya belajar (X1) mengalami kenaikan maka presatasi belajar akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Sedangkan nilai koefisien media pembelajaran berbasis audio visual (b2) juga bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila media pembelajaran berbasis audio visual (X2) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Hasil penelitian pada uji hipotesis secara simultan (uji f) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Hal ini terlihat dari hasil analisis uji f untuk membandingkan pengaruh kedua variabel secara bersama-sama tergantung dari Fhitung sebesar 70.396>Ftabel sebesar 3,11. Nilai signifikansi adalah 0,000<nilai α=5%. Hal ini berarti bahwa secara bersama-sama kedua variable bebas berpengaruh signifikan terhadap variable terikat. Sehingga hipotesis Ho ditolah dan H1 diterima. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah 0,628 sama dengan 62,8%. Nilai tersebut berarti bahwa sebesar 62,8%, prestasi belajar Akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan dapat dijelaskan melalui Gaya Belajar dan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual . Sebesar 38,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.