Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa di kelas X Ak SMKS Tritech Informatika Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMKS Tritech Informatika Medan tahun pembelajaran 2020/2021 melalui penerapan model pembelajaran flipped classroom. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Tritech Informatika Medan yang beralamat di Jl. Bhayangkara No.484, Indra Kasih, Kec. Medan Tembung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak SMKS Tritech Informatika Medan dengan jumlah 32 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran flipped classroom. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing – masing siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah berupa soal essay. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Indicator keberhasilan tindakan dilakukan dengan menentukan indikator proses, indikator output, hasil belajar akuntansi ditentukan jika siswa memperoleh nilai ≥ 70 dan kelas dinyatakan mencapai ≥ 80% dan indikator dampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran flipped classroom memiliki persentase ketuntasan sebesar 40,62% dengan nilai rata – rata 61,40. Pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar akuntansi sebesar 71,87% dengan nilai rata – rata 75,62. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar akuntansi siswa sebesar 84,37% dengan rata – rata 80,63. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom terbukti dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMKS Tritech Informatika Medan T.P 2020/2021.