Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis minat dan atau hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan beberapa tipe model pembelajaran kooperatif melalui studi literatur dari data hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti pada sumber literatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur sehingga data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur seperti prosiding, jurnal, dan skripsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Make a Match, dan Student Teams Ahchievement Divisions (STAD) yang dilaksanakan oleh peneliti di masing – masing sumber literatur pada kegiatan pembelajaran menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa yang diikuti dengan meningkatnya hasil belajar matematika siswa, namun pada proses pembelajaran di kelas terdapat beberapa hal yang menyebabkan terjadinya perbedaan pada minat belajar dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan tipe model pembelajaran kooperatif yang sama yaitu adanya perbedaan kemampuan awal siswa, instrumen penelitian yang digunakan, materi pelajaran, perbedaan pada indikator keberhasilan, banyaknya siklus dan pertemuan yang dilakukan dan tindakan yang dilakukan oleh guru di kelas.