PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN BREAKOUT ROOMS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan breakout rooms terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini termasuk dalam kategori eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda Medan T.A 2021/2022 dengan sampel kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan metode random sampling. Pada kelas eksprimen diberikan pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui breakout rooms, sedangkan pada kelas kontrol diberikan pengajaran dengan model pembelajaran langsung. Instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 3 soal kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan data postest, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 90.12 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 76.08. Melalui analisis uji statistik data terbukti berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan uji hipotesis yaitu uji t satu pihak yang menunjukkan t_hitung>t_tabel (6.9781>1.667) pada taraf nyata α=0.05. Dengan demikian H_o ditolak dan H_a diterima, artinya terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan breakout rooms terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda.