Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui proses pengimplementasi multimedia Kine Master pada mata pelajaran seni budaya terutama pada materi seni musiik di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pematang Bandar. 2) Untuk mengetahui media yang digunakan untuk mendukung pengimplementasian multimedia Kine Master pada mata pelajaran seni budaya terutama pada materi seni musiik di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pematang Bandar. 3) Untuk mengetahui hasil dari pengimplementasian multimedia Kine Master pada pembelajaran seni budaya terutama pada materi seni musiik di kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Pematang Bandar. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori implementasi, multimedia, Kine Master, manfaat multimedia untuk pembelajaran, seni budaya, dan teori musik. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pematang Bandar yang berjumlah 75 orang. Sampel penelitian ini diambil yaitu kelas XI IPA 1yang berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatid. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menjaring data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran seni budaya dilaksanakan dengan mengimplementasikan Kine Master dalam proses pembelajaran. Pengimplementasian Kine Master dilakukankan sesuai bimbingan Ibu Siti Saragi, S.Pd sebagai guru seni budaya 2) media yang digunakan oleh guru SMA Negeri 1 Pematang Bandar dalam pembelajaran seni budaya yaitu sarana belajar berupa : Laptop, infokus, speaker dan buku panduan seni buday dalam keberlangsungan dalam pembelajaran seni budaya SMA Negeri 1 Pematang Bandar. 3) Hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pematang Bandar, yang memiliki rata-rata sebesar 88,07 menunjukkan bahwa implementasi Multimedia Kine Master dalam persentase video perkembangan musik barat, dapat meningkatkan hasil belajar siswa Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa impelementasi multimedia Kine Master dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Pematang Bandar.