Pembelajaran Berbasis PBL untuk Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengetahuan Alat Pengolahan dan penyajian Makanan Mahasiswa Prodi Tata Boga
Main Author: | Wahidah, Siti |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PPS UNIMED
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/45875/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45875/2/Peer%20Review.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45875/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan melihat hasil belajar Pengetahuan Alat Pengolahan dan Penyajian Makanan (PAPPM) dengan pembelajaran berbasis problem based learning (PBL). Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah PAPPM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian meliputi; 1) pertemuan awal oleh tim pelaksana, untuk menentukan waktu, tugas dan teknik pelaksanaan tindakan, serta penyusunan instrumen yang akan digunakan, dan 2). Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang telah disepakaiti. Penelitian ini dilakukan tiga siklus pada semester ganjil 2010-2011. Setiap siklus mencakup aktivitas ; (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi atau evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran alternatif dan inovatif meningkatkan hasil belajar. Ini ditunjukkan bahwa dengan pembelajaran berbasis PBL rerata hasil belajar siklus I sebesar 72,28, siklus II sebesar 76,11 dan pada siklus III sebesar 81,66. Pembelajara PBL dapat membantu untuk mengatasi kesulitan belajar dalam belajar sehingga meningkatkan mutu pembelajaran secara sistematik dan terencana.