Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan materi tortor Batak Toba dalam bentuk e-book terhadap efektifitas belajar siswa secara daring di SMP Negeri 1 Sei Balai. Sesuai dengan KD. 3.1 silabus kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian seperti penerapan oleh Abdul Wahab (2008: 65), efektifitas belajar oleh Uzer Usman (2016: 21). Jenis penelitian ini adalah eksperiment, dengan analisis kuantitatif melalui One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes (pretest posttest), dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran tortor Batak Toba di kelas VIII/1 di SMP Negeri 1 Sei Balai sebelum mendapatkan perlakuan (treatment) dengan rata-rata nilai pretest 56,25 dengan standar deviasi 12,115. Selanjutnya dilakukan posttest dengan hasil rata-rata 94,22 dan standart deviasi 4,419. Jadi, Data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Dari uji praired sempel t test mengalami peningkatan sebesar 42% dengan signifikansi lebih besar dari 0,05. Menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan efektivitas penerapan pembelajaran tortor Batak Toba dalam bentuk e-book secara daring kelas VIII di SMP Negeri 1 Sei Balai berlangsung dengan efektif.