Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain evaluasi tari Sining berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quipper School untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Pembuatan evaluasi mengacu pada silabus (KD 3.1) yaitu konsep teknik dan prosedur dalam menirukan ragam gerak tari untuk SMA kelas X. lokasi penelitian ini dilakukan di Prodi Prndidikan Tari, Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Medan. teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Pembuatan evaluasi tari Sining berbasis HOTS berpedoman pada teori Benjamin S Blom dalam Setiawati (2018) pada ranah kognitip yaitu pada tataran menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). untuk membuat rancangan evaluasi tari Sining memiliki tiga tahapan yaitu, 1) tahapan persiapan, 2) tahapan pelaksanaan dan, 3) tahap pemeriksaan. Pada tahap persiapan yaitu menentukan kopetensi dasar dan indikator pencapaian, ruang lingkup, kisi-kisi evaluasi, dan butir-butir soal, pada tahap pelaksanaan yaitu membuat account dan membuat soal pada aplikasi Quipper School, yang terakhir adalah tahap pemeriksaan yaitu validasi ahli materi dan validasi ahli media. Setelah melakukan validasi dengan validator bahan evaluasi akan di revisi jika ada kesalahan, kemudia siap untuk di ujicoba. Desain evaluasi dengan ahli materi (ahli evaluasi) mendapatkan skor 4,1 dengan kategori baik, dan uji validasi dengan ahli media mendapat skor 4,2 dengan kategori baik. Skor tersebut membuktikan bahwa evaluasi tersebut layak dan baik untuk di uji cobakan.