Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimanakah studi literatur hasil penelitian mengenai penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian studi literatur terhadap analisis kecenderungan dan hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-jurnal tahun 2017-2020. Subjek penelitian yaitu artikel, jurnal, skripsi, ataupun tesis mengenai penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP tahun 2017-2020. Objek penelitian yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Saringan yang digunakan dalam pemilihan jurnal yaitu: (1) Tahun terbit, (2) Jurnal Terakreditas, (3) Judul Penelitian, (4) Konsep pembelajaran Problem Based Learning, dan (5) Konsep berpikir kritis matematis siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis matematis.