PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY PADA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 03 MEDAN T.A 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy pada kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling yaitu 1 kelas Ki Bagoes HadiKoesoemo yang berjumlah 37 sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essay yang berjumlah 4 butir soal dan angket yang terdiri dari 40 butir pernyataan yang sudah divalidkan oleh 2 orang dosen UNIMED dan 1 orangguru matematika di sekolah SMP Muhammadiyah 3 Medan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan persamaan regresi linier berganda Y ̂ = 1,467+ 1,365 X_1+ 0,254 X_(2 ).Melalui uji t ada pengaruh antara model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan nilai t_(hitung )> t_(tabel ) (7,918>2,032) dan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0,06 ( 0,00<0,05). Dan ada pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan nilai t_(hitung )> t_(tabel ) (2,529 >2,032) dan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0,016 ( 0,00<0,05). Serta ada pengaruh model pembelajaran problem posing dan self efficacy secara bersama memiliki berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dimana nilai F_(hitung )> F_(tabel ) (56,041>3,27) dengan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0,00 ( 0,00<0,05). Dan besar kontribusi model pembelajaran problem posing dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah 76,7%.