PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA

Main Authors: Aruan, Nova Jessyca, , Hasruddin
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/45823/1/Cover.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45823/2/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45823/3/Text.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45823/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas 5J. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan jurnal siswa, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan motivasi dan hasil belajar pada siswa dengan model jigsaw. Hal ini terlihat dari hasil wawancara dengan siswa dan rata-rata hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah diterapkannya model jigsaw. Disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.