PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XII IPA SMA NEGERI 11 MEDAN

Main Author: Harahap, Melanie Putri
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/45820/1/Cover.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45820/2/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45820/3/Text.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45820/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan materi substansi genetik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 meliputi 6 rombongan belajar, sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 2 dengan jumlah siswa 40 orang. Pemilihan sampel dilakukan atas rekomendasi guru pamong dari peneliti. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes tertulis. Tes tertulis digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda (pre-test dan post-test). Jumlah soal pre-test dan soal post-test pada siklus I dan siklus II masing-masing berjumlah 10 butir soal dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test siswa sebesar 79,75 pada Siklus I menjadi 85,75 pada Siklus II dan ketuntasan belajar siswa 72,5% pada Siklus I menjadi 87,5% pada Siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi.