KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2019/2020

Main Authors: Febrianti, Rifka, Simatupang, Zulkifli
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/45819/1/Cover.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45819/2/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45819/3/Text.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/45819/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi empirik tentang penerapan model pembelajaran inkuiri di SMA, dan efeknya terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi tentang keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 1 Stabat T.P 2019/2020 setelah mendapat pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan hasil belajar (aspek kognitif) siswa. Penelitian ini didesain secara deskriptif. Dengan dua kali pengulangan dilaksanakan pada bulan Februari-April 2020 di kelas XI SMA Negeri 1 Stabat sebanyak 72 siswa. Pembelajaran dengan model inkuiri dilakukan didua kelas dan dilakukan selama 3 kali pertemuan yang sebelumnya sudah dilakukan penyesuaian terlebih dahulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pre-test dan post-test, lembar obserbasi, serta angket keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terjadi peningkatan hal ini dapat dilihat setelah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi (73,6 %) dibanding dengan hasil pretest (sebelum mendapat pembelajaran inkuiri) (26,3%).