PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEBAT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2011/2012
Main Authors: | Simanjuntak, Maria Meita, Putri, Amalia Syah, Sinaga, Lediana |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/45811/2/Cover.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45811/1/Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45811/3/Text.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45811/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan metode debat terhadap hasil belajar siswa pada materi virus di kelas X SMA Negeri 4 Medan T.P 2011/2012. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan metode debat terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah masalah biologi yang disajikan pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 4 Medan T.P. 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-3 dengan menggunakan metode debat dan kelas X-4 dengan menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 14 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah soal-soal penyelesaian masalah-masalah biologi yang ditetapkan di kedua kelas. Pada hasil pengujian hipotesis postes diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,20 > 1,667 pada taraf signifikansi a = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada pengaruh metode debat dalam mengatasi hasil belajar Hasil penelitian pada penilaian berpikir kritis, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 8,7 angka ini lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata kelas eksperimen yaitu 11,75. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,40 > 1,667 pada taraf signifikansi a = 0,05 dan dk 78. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada pengaruh metode debat terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.