IMPLEMENTASI BUKU AJAR DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI
Main Authors: | , Hasruddin, , Aryeni, Arwita, Widya |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/45809/1/Cover.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45809/2/Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45809/3/Text.pdf http://digilib.unimed.ac.id/45809/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan mengimplementasikan hasil pengembangan buku ajar digital pada mata kuliah Evaluasi Hasil Belajar Biologi untuk memperoleh kemampuan literasi mahasiswa. Implementasi buku ajar digital dilakukan kepada 32 orang mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan matakuliah Evaluasi Hasil Belajar Biologi dan 6 orang dosen pengampu matakuliah. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan kemampuan literasi dilakukan dengan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji t untuk melihat keefektivan dan teknik persentase untuk menganalisis deskritptif kecenderungan pola kemampuan literasi mahasiswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa aspek keterbacaan buku ajar dalam kategori baik, kemampuan literasi mahasiswa lebih baik dengan penggunaan buku ajar digital, dan respon dosen serta mahasiswa dalam kategori positif dengan diimplentasikannya buku ajar digital.