Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kecenderungan dari pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah; (2) mendeskripsikan metasintesis tentang pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah. Penelitian ini merupakan penelitian systematic review yang menggunakan pendekatan metasintesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu artikel jurnal mengenai pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah tahun 2017-2021 yang di index oleh Garuda (Garba Rujukan Digital), Google Scholar. Objek penelitian yaitu kemampuan penalaran matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model penelitian yang digunakan adalah model Research and Development,dan (2) lembar kerja peserta didik yang dikembangkan sangat baik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.