Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) di SMP N 1 Silahisabungan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Silahisabungan Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) di kelas VIII SMPN 1 Silahisabungan T.A 2021/2022. Berdasarkan tes awal diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika sangat rendah dengan nilai rata-rata 32,93. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah rendah dengan nilai rata-rata 62,98 dengan 14 orang atau 58,33% dari keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,12 dengan kategori baik. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tinggi dengan nilai rata-rata 85,06 dimana jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 23 siswa atau 95,83% dari seluruh siswa dan kemampuan guru menolah pembelajaran adalah 3.34 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Silahisabungan T.A 2021/2022. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran. Fokusnya pemecahan masalah matematika.