PENGARUH FASILITAS BELAJAR, PENGELOLAAN KELAS, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI dalam mata pelajaran akuntansi dan keuangan lembaga, dikarenakan kurang tersedianya fasilitas belajar, belum optimalnya pengelolaan kelas, dan kurang maksimalnya kompetensi profesional guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar, pengelolaan kelas, dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 206 siswa. teknik pengambilan sample yaitu dengan Simple Random Sampling, Jumlah sample yang digunakan yaitu sebanyak 136 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, Koefisien Jalur dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis yang diperoleh dari rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loding lebih tinggi dari 0,60. Dari data perhitungan,untuk hipotesis fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,021 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Pada hipotesis pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Kemudian pada hipotesis kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,01 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi.