Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa akuntansi Kelas XI SMK Negeri 1 Meadan Tahun Ajaran 2020/2021, 2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021, 3) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Akuntansi Kelas XI SMK Negeri 1 Meadan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 Medan yang berjumlah 140 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel jenis simple random sampling menghasilkan 103 orang siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) dengan dokumentasi dalam memperoleh prestasi belajar. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan realibilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung > ttabel. ( 5,097 > 1,98397) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (2) motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung > ttabel. (4,561 > 1,98397) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (3) secara simultan, kemandirian belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (186,492 >3,09) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi ( R2) sebesar 0,784 atau 78,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitin ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 34,669 + 0,319 X1 + 0,304 X2.