PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN T.P 2020/2021
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI AKL SMK Swasta Budisatrya Medan yang dilihat dari banyaknya siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan manajemen waktu terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budisatrya Medan yang beralamt di Jalan. Letda Sujono No. 166 Bandar Selamat. Kecamatan Medan Tembung. Kota Medan, Sumatera Utara 20225. Sampel dalam penelitian ini adalah 62 siswa, dimana pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi, tes, dan angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 22. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dengan menggunakan pendekatan kuantitaif. Berdasarkan hasil penelitian pada pengujian hipotesis secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa manajemen waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada pembelajaran e-learning mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Budisatrya Medan dengan nilai thitung > ttabel (6,697 > 1,670) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya hasil uji koefesien determinasi (R Square) sebesar 42,8%, dan sisanya 57,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.