Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar dan untuk mencari regresi sederhana antara minat belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII dan VIII SMP Swasta Muhammadiyah 05 Medan yang berjumlah 102 siswa dan kemudian sampel diambil 36% dari jumlah populasi yang diproleh sampel sebanyak 36 siswa. Yaitu 12 siswa kelas VIII dan 24 Siswa Keas VII Data dikumpulkan melalui Penyebaran angket, yang dimana angket tersebut tentang minat belajar matematika yang sudah divalidasi oleh dosen guru matematika dan dokumentasi yaitu berupa niai ulangan harian siswa. Dimana angket digunakan untuk mengetahui data minat belajar siswa dan dokumentasi berupa nilai ulangan harian siswa yang digunakan sebagai data hasil belajar siswa, dengan rata – rata minat belajar siswa berjumlah 114 dan rata – rata hasil belajar siswa 84. Kemudian hasi uji reliabilitas angket didapat 0, 962 yang dimana apabila 0,80≤ r11 ≤1,00 Reliabilitas sangat tinggi, selanjutanya dilakukan uji coba linearitas antara variabel bebsa dan terikatnya menggunakan SPSS didapat Deviation from Linearity yaitu 0, 421, maka dapat disimpulkan jika Deviation from Linearity > 0,05 maka ada hubungan yang linear secara signifikan antara variabel dependent dan variabel independent, maka uji regresi linear sedehana dapat dilakukan. nilai koefisien determinasi berkisar antara -1,0 sampai +1,0 yang artinya jika semakin mendekati +1 maka terdapat hubungan yang signifikansi antara variabel bebas dan terikatnya dari penelitian ini diproleh sebesar 0,0009. Artinya sumbangan atau pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0,009 %, sisanya 99,91 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model. Kemudian dicari hipotesis anara kedua variabel menggunakan SPSS Jika Sig < 0,05 atau t Hitung > t tabel = Maka terdapat pengaruh yang signifikan dari penelitian diproleh Sig 0,856 > 0,05 dan t Hitung - 0,183 < 1,690, Maka tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar matematika di SMP Swasta Muhammadiyah 05 Medan.