Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan besar pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah artikel pada jurnal nasional dan internasional dengan rentang tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan didapatkan 5 artikel yang sesuai kriteria. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis besaran pengaruh Cohen’s d effect size. Hasil penelitian: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran model brain based learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran konvensional, (2) Secara keseluruhan, model brain based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan nilai effect size sebesar 1,674 yang termasuk ke dalam kategori efek besar, (3) Besar pengaruh model brain based learning berdasarkan jenjang pendidikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada tingkat SMP/MTs lebih tinggi daripada tingkat SMA/SMK/MA dengan nilai effect size sebesar 1,707 termasuk ke dalam kategori efek besar.