Daftar Isi:
  • Media pembelajaran ialah suatu alat yang membantu untuk proses pembelajaran berfungsi memperjelas makna pesan atau informasi ingin disampaikan, sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran learning management system berbasis problem based learning (PBL) Pada materi balok dan kubus untuk siswa smp kelas VIII yang layak dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek kevalidan, penilaian validator materi adalah 4,22 sedangkan penilaian validator media adalah 4,15 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan aspek kepraktisan, hasil respon penilaian peserta didik terhadap uji coba kelompok kecil adalah 4,08 termasuk kategori praktis dan aspek keefektifan hasil respon penilaian peserta didik terhadap uji coba kelompok besar adalah 4,15 termasuk kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran learning management system (LMS) berbasis problem based learning (PBL) Pada materi balok dan kubus untuk siswa smp kelas VIII dinyatakan layak sebab valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.